Interview with A Slow In Dance (A.S.I.D)


Antitakdir kita adalah semesta media.mungkin itu yang mencoba mereka serialkan tanpa mencoba menjadi juragan intelektual,menangkap sebuah ekstase dengan jebakannya sendiri mengabaikan kepastian dengan membebalkan memakai kesetiaan.Bukannya mencoba mengingkari sejarah namun sejarah hanyalah permainan yang mengasyikan seperti yang terujar dari ucapan mereka “Orinsinalitas hanya ada di peradaban megalitikum, Di era dromologi sekarang pembajakan dapat dikompromikan”.Ya! selama anda tetap terikat dengan layar atau terpesona oleh kelinglungan komutasi,selama itu pula anda tetap bergantung pada penipuan yang benar-benar luar biasa ini,Akhir kata mudah bukan untuk mengerti bahasa universal senajam turfat sang Pisset yang saya yakin ia tak memiliki gigi geraham. Adieeuu!! selamat membaca interview singkat kami dengan A SLOW IN DANCE.

asid

1.Halo, apa kabar A slow in dance? Katanya sedang dalam proses pengerjaan album perdana yah? Bisa diceritakan prosesnya seperti apa?
– hallo juga maternal, alhamdulillah kita sehat2.. Iyah kita lagi proses penyelesaian album pertama. Setelah rilis nya tertunda 2 tahun karena penyerpurnaan materi mungkin insya allah pertengahan tahun ini kita bakal rilis.. Untuk dr proses nya sendiri sejauh ini udah nyampe 70%. Jadi ya mari sama2 kita berdoa semoga cepat rilis.. Hehe..

2.Jika musik kalian di visualisasikan Menurut kalian sound A slow in dance itu seperti apa sih?
– klo musik kami sendiri dr perjalan nya terbentuk kami masih konsisten dengan jalur experimental postrock krn dalam musik kami bereksperimen itu menjadi suatu hal yg sangat ingin kami tunjukan.. Jd bisa diartikan kami tuh mempunyai ciri sendiri dalam memainkan postrock.. Mungkin bisa dibilang postrock yg sedikit dibumbui berbagai karakter lain seperti post metal, math rock, ambience, rock, dan lain lain. Atau bahkan kita terkadang mengadopsi sedikit bumbu tradisional ke dalam musik kita. Singkat kata saya sih lebih senang menyebut musik kami sekarang dengan sebutan “wonderfull postrock experimental sounds”..

3.Seberapa besar pengaruh karakteristik Munaf rayani ( Explosion in the sky ) dan mike sullivan ( Russian circle ) sehinga kalian lebih memilih memasuki bangunan instrumental post-rock?
– Explosion In The Sky itu bisa dibilang banyak berpengaruh di dalam segi musikalitas “a slow in dance”. Dimana mereka yg pertama kali mengenalkan kita dengan “modern postrock” dan dari situ lah kita beranjak. Nahh klo Russian Circle, mereka lebih berpengaruh dalam kita menemukan identitas musik kita. Berhubung kebanyakan dari kita punya background musik keras yang kuat  jd ya dengan Russian Circle bisa di bilang kita di kenalkan lebih jauh dengan perkembangan “modern postrock” dan membuat kita semakin giat menelaah postrock dan perkembangannnya lebih dalam.

asid2

4.apa yang membedakan kalian dengan band band yang lain? dan apa yang menjadi landasan fundamental dalam pemilihan nama band kalian sehingga sepakat memakai nama A slow in dance ?
– hhmmm.. Beda kita dengan band postrock
yang lain.. Wahh.. Pertanyaan nya berbahaya nihh.. Hahaha.. Saya coba jawab deh.. Beda kita dengan band yg lain, mungkin bisa dilihat jelas dari musik kita yah.. Sebenarnya jelas nya itu kita coba mendobrak musik postrock dengan tidak menghilangkan ciri khas postrock itu sendiri.. Penasaran kan??? Hahaha.. Tunggu album baru kita yahh.. Hihihi..
Nah.. Klo sejarah pemilihan nama “a slow in dance” itu sebenarnya berawal dari judul lagu band yg mengenalkan kita dengan “modern postrock” yaitu Explosion In The Sky – a slow dance. Nah krn biar lebih mempunyai arti yg sesuai dg identitas musik kita maka kita sedikit merubah nya menjadi “a slow in dance” yg punya arti dalam bahasa indonesia nya ” sebuah bagian yg bertempo pelan dalam sebuah tarian”.. Hehehe.. Keren gag??!! Hahahaha

5.Di Tahun 2007 kalian sempat merilis E.p bertitel ‘We hate this but we need to survive’, saya sempat mencap kalian sebagai band mediocre tetapi ketika mendengar materi album perdana kalian saya cukup antusias. karena terjadi perubahan karakter yang cukup mendasar pada musik kalian,apakah karena imbas perubahan personil sangat mempengaruhi hal tersebut?
– EP kita itu bisa di sebut sebagai pengenalan kita ke semua orang. Sebenarnya materi2 didalam EP tersebut bisa disebut sebagai materi2 yg cocok untuk di jadikan sebuah album postrock. Sampai pernah sebuah web postrock/shoegaze terkenal “www.sirenesounds.com” mengulas ttg EP kita dan mereka bilang bahwa “this EP. looks like an unfinished album..”. Dan kita juga sempat menjelaskan di web tersebut knp alasan kita merilis EP bukan LP sekalian, karena dari segi musikalitas nya ini adalah sebuah album perkenalan dan awal dari pencarian jati diri kita. Selain itu pemasaran EP ini sendiri banyak yg hanya kita bagi2 kan ke teman2 atau fans2 kita dan ke radio2 di seputaran Bandung dan Jakarta dan beberapa radio di USA seperti Radio K (sebuah radio di Minnesota, Meanapollis, USA) dan juga Radio WKNC ( sebuah radio di Raleigh, North Carolina, USA). Namun karena musik postrock pada tahun 2006/2007 itu masih bisa dibilang sebagai musik yg aneh, maka yahh lagu2 kita jarang di respon.. Hahahaha.. Nahh.. Dibalik semua tanggapan org terhadap musik kita pada saat itu, ada 1 track di album EP kita yg bisa bikin kita bangga dengan sempat menjadi peringkat pertama di Ninetyniners Radio Indie Top Ten selama 3 minggu.. Mungkin karena lagu itu adalah salah satu lagu dr album EP kita yg memakai vokal seorang dara cantik ( ARI bumblebee). Tapi sebenarnya banyak diminati oleh orang2 di luar Indonesia seperti di Malaysia, Singapore, dan USA. Prestasi lain yg cukup membanggakan juga banyak datang dari luar Indonesia.. Seperti lagu “sing and noise” dan lagu “love hope and pain” yg sering masuk chart di acara “nowlikephotographs” di Radio K, USA dan Radio WKNC yg memasukkan lagu “sing and noise” dalam chart nya. Juga lagu “we hate this, but we need to survive” yg di jadikan soundtrack sebuah film indie garapan seorang sutradara dari Amerika yg akan segera rilis tahun ini. Yahh.. Cukup membanggakan kita sih.. Dan kita cukup puas dengan EP kita itu..
Nahh.. Mengenai musik kita dalam materi album baru ini, memang bisa di bilang penambahan personil sedikit merubah musikalitas a slow in dance sendiri.. Dengan penambahan pemikiran2 baru, kita semakin yakin dengan musik kita sekarang dan kita seolah semakin matang saja.. Itu semua bakal kalian rasakan dari musik kita di full album pertama kita nanti..

6.Apa yang tersirat di benak kalian ketika mendengar istilah oposisi biner antara orisinalitas dan pembajakan?
– ini adalah isu yg susah untuk di elakkan dari musik.. Banyak kalangan di Indonesia yg menyerukan anti-pembajakan dimana2. Klo boleh jujur saya sendiri juga bakal gag senang klo karya2 saya di bajak.. Masa kita udah capek2 mengerahkan daya dan upaya untuk bikin sebuah musik yg mencirikan diri kita banget ehhh tiba2 di bajak orang lain.. Siapa yang suka coba digituin..
Tapi di sisi lain, dengan di bajak2 nya hasil karya kita, itu juga dapat membantu segi promosi kepada orang2 luas.. Dengan catatan, segi orisinilitas nya tetap dijaga berupa tetap mencantumkan nama sang pemilik karya tersebut.. Bukan dengan cara mencuri lagu orang dan kita ikrar kan seperti karya kita sendiri.. Itu namanya MALING !!! .. Gag bisa bikin karya sendiri. Orinsinalitas hanya ada di peradaban megalitikum, Di era dromologi sekarang pembajakan dapat dikompromikan.. Hahahahahaha

7.haha,oke oke. Tetapi bukankah hal tersebut seperti mempertaruhkan sebuah hal yang nir-riil dengan mendorongnya sampai garis demakrasi paling nadir?Dengan kata lain seperti sebuah perjudian yang membawa lena ataupun menjadi semacam bunuh diri?
-Memang itu yang kami lakukan tetapi tidak berpijak pada realitas,realitas tetap merupakan postulat tak tergoyahkan yang menjadi acuan untuk mengarahkan saya ataupun anda sekalian kepada sesuatu yang bernama perdamaian ataupun permusuhan.Apakah semacam bunuh diri?memang bunuh diri tetapi dengan cara yang baik dan beradab.dengan kata lain pula jika yang dualitas tersebut tidak ada mungkin tidak ada pula kenikmatan ketika saya berteriak ANJING ‘MALING’ NIH ORANG! hehhee

8.Asik sedap,seperti mengkontekstualkan dan memutuskan sesuatu yang referensial sekaligus menikungi vorteks kelinglungan dengan membiarkan semuanya melenyap secara perlahan?
-Memang benar begitu.semuanya seperti menyeruak meminta untuk dibebaskan dan sesuatu tersebut tidak mempunyai lagi makna secara literal ya mungkin hal tersebut seperti menikmati sebuah adagium yang terlalu dipercepat.

9.Jika ada kesempatan berkolaborasi dengan musisi manapun, baik dalam maupun luar negeri. Siapa yang akan kalian ajak?
– wahhh.. Ini pertanyaan menarik nih.. Angan2 kita sih banyak yahh.. Mungkin karena kita terlalu cinta dengan musik jadi klo di tanya kolaborasi pasti pada semangat banget.. Hahaha.. Kita sih klo punya kesempatan kita pengen kolaborasi ama twilite orchestra, erwin gutawa, tohpati, MONO, sigur ros, Te, bahkan kita juga pengen berkolaborasi dengan sebuah opera dalam sebuah pertunjukan musik dan drama kami juga pengen kolaborasi ama erwin gutawa,angklung saung ujo, TE, ghaus, dan masih banyak lagi lah,banyak banget kalo harus disebutin satu satu

10.sebutkan 7 band yang mampu mempengaruhi kehidupan sehari hari kalian?
– 7 band yg berpengaruh dlm hidup saya..
MONO, Te, M83, Radiohead, Explosion In The Sky, Coldplay,morrissey,sigur ros,A northern chorus, a place to bury strangers, slowdive, m83, maybeshewill, burst, mudy on the sukuban, port royal, robin guthrie, aphex twins, alcest, son of robot, 2manydjs, rottensound, audiokollaps, unholy grave,Baroness dll Aduh kebanyakan ya soalnya ngasihnya cuman tujuh sih hehehe

11.Pilih mana Bax ( ganja ) atau alprazolam( xanax ) ?
– Alprazolam donk, gak ribet kaya bax,whahahahhaha tapi kalo ada bax boleh juga tuhhhh.sama satu lagi karena alpra tuh Helena-bonham carter banget.

12.Ok,terimakasih any last words?
Orinsinalitas hanya ada di peradaban megalitikum, Di era dromologi sekarang pembajakan dapat dikompromikan dan buat MATERNAL yang membuat kami sedikit lebih enak dipandang ketika berdandan Adieuuu…!


Posted at : Tue, 12 January 2010
Category : Interview

Categories