BARRAGE DRAWING by MAYATSCHISM


mayatschism 0

Barrage Drawing adalah sebuah judul untuk pameran tunggal Alexander Benedict a.k.a ‘Mayatschism’,  seorang seniman dan ilustrator yang tinggal di Bandung. Dalam pameran kali ini Alex menampilkan sekumpulan karya-karya gambar yang dipilih secara acak dari kurun waktu 2005 sampai 2015. Pameran  ini diselenggarakan oleh OMNISPACE sebuah ruang alternatif yang mewadahi kegiatan kreatif yang berlokasi di lantai 3 Omuniuum Building, Ciumbuleuit 151 B, Bandung. Barrage Drawing ini di kurasi oleh Mufti Priyanka a.k.a Amenk seorang seniman yang juga aktif mengelola studio bernama Sleborz. Pameran ini menonjolkan proses kreatif Alex dalam menggambar dari kurun waktu yang cukup lama. Selain itu akan menjadi ajang peluncuran buku Alex berjudul : ‘BARRAGE DRAWING’ Selected Works by MAYATSCHISM (2010-2015), didalamnya berisi kumpulan karya yang dikumpulkan secara acak dan tulisan pengantar dari beberapa teman tentang karya-karya Alex.

mayatschism 18

mayatschism 1

Alex menampilkan karya berupa ilustrasi dan olahan figur tiga dimensi. Beberapa aplikasi karya Alex muncul dalam bentuk tiga dimensi dan tampilan gambar bergerak GIF (stop motion). Dalam kebiasaan menggambar, Alex banyak memanfaatkan medium kertas, pensil, spidol dan marker.

mayatschism 2

mayatschism 3

Panggilan Alex menjadi ‘Mayatschism’ berawal dari kegemaran dia dengan image horror dan seringnya menggambar ilustrasi berbau tengkorak. Istilah ‘Mayatschism’ diambil dari salah satu tembang band thrash metal : Anthrax berjudul ‘Schism’ di album : ‘State Of Euphoria’ tahun 1988, Alex sengaja menambahkan ‘Mayat’ dibagian depan kalimat ‘Schism’ itu sendiri atas kebiasaan dia dalam menggambar tengkorak.

mayatschism 20

mayatschism 19

Alex sebetulnya bukan orang baru dalam ranah dunia ilustrator, walaupun tercatat sebagai lulusan jurusan Arsitek Universitas Parahyangan Bandung, Alex tidak lekas luntur dalam semangat menggambar. Karena bagi dia, menggambar sudah menjadi tradisi kreatif dari semenjak dia kecil hingga sekarang.

mayatschism 6

mayatschism 7

mayatschism 5

mayatschism 15

mayatschism 14

mayatschism 10

mayatschism 4

Sejak dulu karya-karyanya tampil lewat media alternatif yang ia kelola semenjak duduk dibangku perkuliahan bernama : Bad Taste Comic Brengsek (1999 –  2003). Alex juga aktif dalam skena musik independen lokal Bandung dan karya-karyanya banyak membantu pergerakan didalamnya. Cover album, poster pertunjukan hingga karya  untuk kebutuhan merchandise seperti t-shirt dan patch, karya Alex sudah tidak asing berada di ranah subkultur Bandung. Disamping itu Alex juga mengelola band eksperimental bernama MUNTAH pada tahun 2001 hingga 2008, yang kemudian secara langsung menyalurkan kegemaran dia untuk menggambar dengan diaplikasikan pada kebutuhan band tersebut.

mayatschism 16

OMNISPACE,
3 Mei 2015

Contact Person :
Erwin Windu Pranata 08179209597
(Project Director)
Mufti Priyanka 08889471176
Info.omnispace@gmail.com
Instagram – omni.space

Address :
3rd Floor, Omuniuum Building
Ciumbuleuit 151 B, Bandung

Refrensi: omuniuum.net


Posted at : Wed, 22 July 2015
Category : Events, Exhibition, Review

Categories