ALBUM REVIEW: CAVEMAN CULT – RITUALS OF SAVAGERY


Rotting Chapel Propaganda

2016 (REISSUE)

Black/Death

Biadab! Mungkin merupakan satu kata yang paling tepat menggambarkan keliaran mini-album/EP ini sejak detik pertama berkumandang. lagu pertama ‘Devolution’ tanpa basa-basi langsung menggedor gendang telinga anda dengan serangan Black/Death ultra Primitif yang dikemas dalam sound rekaman raw dan bising yang justru membuat pengalaman mendengarkan semakin angker. Grup bentukan Harold Borsch, Alvar Antillon dan Rick Smith (yang juga merupakan penabuh drum grup stoner/sludge Torche) di Miami, Florida ini sepertinya kesurupan ruh Bestial Warlust, Beherit, Conqueror hingga Sarcofago ketika menggodok EP lima lagu ini. Komposisi Black/death sekolah lama dengan pengaruh kental Black metal gelombang pertama dan tak lupa memberi ruang penghormatan pada para pionir Flordia Death metal.
Dalam ritus lima belas menit durasi ‘Rituals of Savagery’ pendengar tidak diberi ampun dan ruang bernafas. Ke-lima lagu yang disajikan tanpa ampun menggeber rentetan riff tremollo bengis, gebukan blastbeat berintensitas tinggi dan tentunya cabikan bass ganas yang sangat dominan dibanding band-band sejenis lainya yang cenderung terdengar cukup kering. Walaupun hampir 85% dari durasi keseluruhan EP ini ngebut-ngebutan gerombolan kultus manusia gua ini masih menyisihkan waktu untuk menyelipkan bagian-bagian tempo menengah hingga lambat layaknya pada lagu pembuka dan menit-menit terakhir ‘Tribal Slaughter’ yang malah menaikan tingkat ke brutal-an EP ini beberapa level.

Totalitas dan agresivitas Caveman Cult dalam rekaman debut mereka ini memang bukan main, gak salah kalau ‘Rituals of Savagery’ bisa dibilang merupakan salah satu album paling babarik dan extreme sepanjang masa. Dan diantara ratusan grup musik yang makin menjamur bermain di ranah ‘Black/Death’ atau ‘War Metal’. Caveman Cult berhasil mengembangkan karakter mereka sendiri tanpa harus menjadi grup yang cuma sekedar copy/paste templat dari band yang sudah popular duluan. Mengutip sesi wawancara Rick Smith dalam Blog The Lair of Filth “Think for yourselves and don’t follow trends or adopt beliefs because your favorite bands say so. There’s nothing weaker than being a clone.”
(Peanhead)
9.0 out of 10
Bandcamp: https://cavemancult.bandcamp.com/

 


Posted at : Tue, 05 March 2019
Category : Review