ALBUM REVIEW: NATION OF ULYSSES – 13-POINT PROGRAM TO DESTROY AMERICA


NATION OF ULYSSES

13-Point Program to Destroy America

(Dischord, 1991)

Menjelang akhir 1990an, Fugazi, Dischord Records dan Revolution Summer merubah paras hardcore punk di Amerika Serikat, secara lanskap musikal maupun ideologis. Post-hardcore sebagai subgenre pun menemukan benihnya. Salah satu yang juga muncul dari Washington, D.C. adalah Nation of Ulysses, yang bilamana Fugazi adalah ranjau yang dengan tenang menunggu terledakkan maka Nation of Ulysses adalah bom klaster yang meletup bertubi-tubi.

Dan, album yang saya ulas adalah ’13-Point Program to Destroy America’ album debut dari Nation of Ulysses yang berisik menawarkan kombinasi kesegaran provokatif dalam semangat remaja urakan yang penuh pemberontakan, ideologis antara eksistensialis dan situasionis yang muncul dari sayap kiri berbahan bakar kesembronoan darah muda yang mencari jati diri dengan melawan dunia yang menyebalkan. And Nation of Ulysses doing it with style!

Nomer pembukaannya “Spectra Sonic Sound” saja langsung menyalak di telinga dan membuat mata terbelalak seperti kopi dengan kafein dosis tinggi. Yang tanpa rem langsung dilanjutkan dengan “Look Out! Soul Is Back” yang intens.

Ada referensi New York Dolls di “Today I Met I Girl I’m Going to Marry” dengan pembukaannya yang seperti lagu “Looking for A Kiss”. Dan saya suka “Ulythium” dengan isian terompetnya yang nyeleneh. “Cool Senior High School (Fight Song)” dan “A Kid Who Tells on Another Kid Is A Dead Kid” adalah semacam lagu remaja buangan yang tidak cocok bergaul dengan remaja kebanyakan dan masyarakat yang “normal”. “Diphteria” dan “Aspirin Kid” adalah nomer yang cukup pelan, yang juga diwarnai oleh terompet. Ada tiga belas lagu dalam album ’13-Point Program to Destroy America’, namun karena yang saya dengarkan adalah versi format cakram padat ada enam belas lagu didalamnya dengan ditambahkan tiga lagu, “The Sound of Young America”, “Channel One Ulysses”, dan “Atom Bomb” yang diambil dari ‘Nation of Ulysses’ EP 7”. Dan percayalah tak ada nomer yang membosankan di album ini, selalu ada kejutan yang menyenangkan ataupun momen punk rock yang meletup tepat di depan mukamu tanpa basa-basi.Mendeskripsikan musiknya mungkin adalah semacam peleburan MC5, Pere Ubu, Bad Brains dan Black Flag. Dan, apa yang dilakukan oleh Nation of Ulysses pada tahun 1991 di album debutnya itu masih sangat relevan belum usang termakan zaman bila didengarkan sekarang.

Terakhir, ’13-Point Program to Destroy America’ adalah album yang penuh dengan energi, dan Nation of Ulysses tahu cara bersikap, berkarya dan bergaya secara gila-gilaan dengan cerdas dan berkelas, dan pastinya menyenangkan.

[Farid Amriansyah]

NATION OF ULYSSES live circa 1991

 

 


Posted at : Wed, 17 January 2018
Category : Review