MOVIE REVIEW: POSSESSION (1981)


MOVIE REVIEW: POSSESSION (1981)

Review by Tremor

 

 

 

POSSESSION (1981)

Sutradara: Andrzej Żuławski

Prancis/Jerman

Menilai hanya dari judulnya saja, awalnya saya pikir Possession adalah film horor dengan tema “kerasukan” pada umumnya. Ternyata saya salah. Possession sama sekali bukan film kerasukan biasa, tapi merupakan film yang sangat ganjil dan berada di luar dugaan umum.

Cerita bermula dari badai rumah tangga yang dialami oleh sepasang suami-istri. Sang suami, Mark, baru saja pulang dari tugasnya sebagai mata-mata, mendapati keganjilan pada diri Anna, istrinya. Anna meminta perceraian tanpa alasan yang jelas, dan mulai bertingkah seperti orang gila. Suatu malam Anna tiba-tiba meninggalkan Mark begitu saja. Mark yang mulai tertekan mencoba untuk tinggal sendiri di apartemen terpisah, namun ia tidak tahan. Suatu hari saat ingin mengunjungi Bob, anak semata wayangnya, Mark mendapati Bob ditinggal seorang diri begitu saja oleh Anna. Mark yang mulai jengkel pun mengambil alih pengasuhan Bob dan mulai curiga apakah ada orang ketiga dalam rumah tangga mereka.

Mark semakin penasaran kemana Anna selama ini pergi. Ia sering datang pada siang hari untuk bertemu anaknya, namun pergi secara misterius di malam hari. Akhirnya Mark pun menyewa jasa agensi detektif pribadi untuk menyelidiki dimana Anna selama ini tinggal.

Saat salah seorang detektif menguntit Anna, ia mendapati bahwa Anna tinggal seorang di di sebuah apartemen tua. Setelah menelpon Mark untuk menginformasikan alamat Anna yang baru, Mark meminta detektif tersebut untuk masuk dan mengecek apakah Anna tinggal dengan seseorang. Dengan berpura-pura sebagai salah satu manajer gedung, sang detektif pun akhirnya berhasil masuk ke tempat tinggal Anna hanya untuk menemukan kengerian luar biasa di dalamnya, sekaligus menjadi jawaban atas semua kemisteriusan dan keganjilan Anna. Anna memiliki sebuah rahasia mengerikan.

Boss dari agensi detektif mulai khawatir saat mengetahui salah satu agennya tersebut tidak pulang. Iapun bertanya pada Mark yang mengakui belum mendengar kabar dari agen detektif selain sebuah alamat saja, alamat baru Anna. Boss detektif pun mendatangi apartemen tersebut hanya untuk mendapati kengerian yang sama, (SPOILER ALERT) bahwa Anna menyimpan sesosok mahluk dengan bentuk yang sangat janggal di kamar tidurnya. Tubuh penuh tentakel basah, dengan bentuk kepala tidak wajar, menggeliat-geliat di atas kasur. Agen detektif yang datang sebelumnya telah mati dibunuh, dan kini Anna pun membunuh sang boss detektif. Setiap kali Anna membunuh seseorang di kamarnya, bentuk dari mahluk ganjil ini semakin mendekati manusia.

 

 

Secara keseluruhan, film ini cukup janggal dan mengganggu (dalam artian disturbing, bukan annoying). Tapi semakin janggal sebuah cerita atau film horror, semakin besar kemungkinan sensasi kengerian bisa didapat. Selain itu, kemampuan akting dari aktris yang membintangi karakter Anna patut saya acungi jempol. Ia berperan sangat maksimal dan luar biasa. Ia juga berperan ganda dalam film ini, sebagai Anna, dan juga sebagai guru di sekolah Bob. Wajahnya yang sayu dan teriakannya yang luar biasa, sangat cocok untuk peran sebagai istri yang tertekan, sekaligus pantas untuk menjadi seorang ratu horror. Mahluk yang Anna sembunyikan di apartemen rahasianya pun sangat tak terduga. Saya tidak akan membeberkannya disini karena terlalu berharga untuk dibeberkan.

 

 

 

 

 

 

 

Directed by Andrzej Żuławski
Produced by Marie-Laure Reyre
Written by Frederic Tuten & Andrzej Żuławski
Starring: Isabelle Adjani, Sam Neill
Music by Andrzej Korzyński
Cinematography: Bruno Nuytten
Edited by Marie-Sophi Dubus, Suzanne Lang-Willar
Release date: 27 May 1981 (Cannes), 14 October 1983 (US)
Running time: 97 minutes (edited version), 124 minutes (original cut)

Untuk berdiskusi lebih lanjut soal film Horror, silahkan kontak Tremor di email: makanmayat@yahoo.com

 


Posted at : Wed, 04 October 2017
Category : Review